Pelancar ASI Paling Ampuh Bagi Ibu Menyusui

Pelancar ASI Paling Ampuh dan terbaik sangat dibutuhkan Bunda yang memiliki masalah untuk menyusui buah hatinya. Kegiatan menyusui merupakan tanda cinta para bunda untuk bayi mereka. Karena ASI merupakan makanan yang terbaik untuk bayi yang baru lahir. ASI mengandung hampir 200 unsur zat makanan yang dapat memenuhi kebutuhan gizi dan melindungi kemungkinan terjadinya serangan penyakit.


ASI sangat dianjurkan untuk bayi karena ASI merupakan asupan nutrisi pertama yang diperoleh seorang bayi. Tidak heran jika banyak sekali bunda yang rela bersusah payah untuk memberikan ASI eksklusif. Dari mulai mengonsumsi suplemen sampai pijat pun dijalani seorang bunda, dengan harapan dapat memenuhi kebutuhan ASI untuk sang buah hati tercinta. Bunda, di bawah ini telah diringkas makanan yang berkhasiat sebagai pelancar ASI terbaik.

Makanan Untuk Pelancar ASI Terbaik.

Penting untuk diingat, Bunda. ASI eksklusif lebih banyak manfaatnya daripada susu formula. Makanan-makanan di bawah ini dapat membantu supaya ASI keluar banyak.

Ikan salmon

Salmon menjadi salah satu pelancar ASI terbaik untuk ibu menyusui. Salmon mengandung jenis lemak yang dibutuhkan bayi yakni DHA. DHA sangat penting untuk perkembangan sistem saraf bayi Bunda. DHA dalam ikan salmon juga dapat membantu Bunda untuk mengurangi risiko terkena baby blues.

Kacang-kacangan

Untuk Bunda yang vegetarian, kacang-kacangan dapat membantu dalam melancarkan ASI. Terutama kacang-kacangan yang berwarna gelap seperti kacang hitam dan kacang merah. Bukan saja kaya akan zat besi tapi juga kaya akan protein berkualitas non-hewani, selain itu harganya juga terjangkau.

Kacang hijau juga baik untuk ibu menyusui. Kacang hijau menstimulus hormon oksitosin yang memperlancar produksi ASI. Selain itu juga memberi energi pada Bunda karena mengandung vitamin B1 atau kadar tiamin yang mengubah karbohidrat menjadi energi. Ibu menyusui butuh energi lebih besar dibanding saat hamil.

Jenis kacang-kacangan lain yang membantu sebagai pelancar ASI terbaik adalah edamame. Kandungan dalam edamame sangat baik untuk menambah ASI dan sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan protein harian ibu menyusui.

Buah-buahan

Ibu menyusui minimal harus mengonsumsi dua porsi buah atau jus setiap hari. Blubbery yang kaya akan antioksidan menjadi pilihan yang sangat baik untuk membantu Bunda memperlancar ASI. Buah ini kaya akan vitamin dan mineral dan karbohidrat dalam dosis yang sehat untuk menjaga tingkat energi Bunda.

Selain blubbery, buah pepaya masuk dalam kategori makanan pelancar ASI terbaik. Mengandung kalium yang sangat dibutuhkan di masa menyusui. Apabila kekurangan kalium, seorang bunda berpotensi terkena depresi. Sedangkan kondisi bunda harus stabil ketika menyusui.

Lalu ada buah jeruk. Jeruk sangat penting karena ibu menyusui membutuhkan vitamin C dosis tinggi, bahkan lebih banyak daripada ibu hamil. Kini Bunda dapat memperoleh manfaat ganda karena jus jeruk yang dijual di supermarket bahkan telah diperkaya dengan kalsium.

Telur

Kuning telur adalah salah satu sumber alami vitamin D yang baik untuk tulang Bunda dan tulang buah hati Bunda. Selain itu telur adalah cara mudah untuk memenuhi kebutuhan protein harian Bunda. Mudah saja, siapkan telur dadar untuk sarapan atau saat makan siang.

Roti gandum (whole wheat bread)

Roti gandum menjadi salah satu sumber terbaik asam folat. Pastikan dalam ASI mengandung cukup asam folat. Asam folat sangat penting untuk perkembangan bayi Bunda pada tahap awal kehamilan. Tidak hanya bermanfaat bagi bayi, roti gandum dapat menyumbangkan kebutuhan serat dan zat besi Bunda. Roti gandum menjadi pilihan menjaga tingkat energi Bunda.

Sayuran berwarna hijau

Pelancar ASI terbaik yang bagus berwarna hijau didapat dari sayuran seperti bayam, kangkung dan brokoli. Mereka sangat kaya dengan vitamin A, yang perlu bayi dapatkan dari ASI. Sayuran juga merupakan sumber kalsium non susu, vitamin C, zat besi, antioksidan dan rendah kalori.

Ada lagi daun katuk dan asparagus yang bermanfaat bagi ibu menyusui. Terutama kandungan asam folatnya yang tinggi dan sangat baik bagi kondisi tubuh. Menurut penelitian, dengan mengonsumsi daun katuk volume ASI bisa meningkat hingga menyentuh persentase sebesar 50 persen.

Air

Dehidrasi menurunkan tingkat energi seseorang. Untuk menjaga tingkat energi Bunda dan produksi ASI, pastikan Bunda tetap terhidrasi dengan baik. Bunda disarankan untuk minum 10-12 gelas air putih sehari, agar produksi ASI lancar dan kondisi tubuh bugar. Meminum air putih dalam jumlah banyak setiap harinya juga bisa membuat ASI menjadi lebih produktif.

Solusi Supaya ASI Lancar

Memberi ASI eksklusif sangat penting untuk pertumbuhan buah hati. Oleh karenanya selain sang ibu harus rutin mengonsumsi makanan pelancar ASI terbaik, orang-orang di sekitar ibu menyusui juga harus membantu supaya sukses menyusui.

Motivasi kuat untuk memberikan nutrisi terbaik bagi buah hati.

Untuk dapat menyusui bayinya, Bunda harus punya keinginan yang kuat dari dalam dirinya untuk memberikan yang terbaik kepada si bayi, yaitu ASI. Dengan motivasi yang kuat dan kasih sayang yang tulus dan tinggi, maka produksi ASI bisa terpacu.

Tidak semua ibu menyusui langsung keluar ASI di hari pertama. Maka jangan berkecil hati. Adalah hal yang wajar jika ASI baru keluar pada hari ke-2 atau ke-3 setelah si bayi lahir. Maka selain keinginan yang kuat, Bunda juga harus berusaha dengan mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi yang akan menjadi pelancar ASI terbaik, khususnya sayur dan buah.

Dukungan Ayah & Keluarga

Jika ASI tidak kunjung keluar, jangan mendesak sang bunda untuk segera mengeluarkan ASI. Desakan itu justru akan membuat ASI tidak kunjung keluar alias mampet. Ayah dan keluarga harus memberi dukungan dengan menciptakan suasana yang nyaman di dalam keluarga sehingga sang bunda merasa rileks dan nyaman. Dengan demikian ASI-nya akan lekas berproduksi dengan lancar.

Jangan pula putus asa dan langsung memberi bayi susu formula. Makanan terbaik bayi adalah ASI yang diproduksi Ibunya sendiri. Oleh karenanya penting bagi keluarga untuk menyiapkan makanan bergizi tinggi dan segala keperluan sehingga bunda bisa fokus merawat bayinya.

Suasana hati yang nyaman dan gembira / Happy

Suasana hati yang nyaman dan gembira sangat mempengaruhi produksi ASI. Sebaliknya, hati yang stress dapat menghambat produksi ASI. Bagi Bunda yang baru pertama kali melahirkan, rentan terkena baby blues sehingga harus beradaptasi dengan baik bersama si bayi. Tuntutan untuk segera menyusui juga bisa menjadi salah satu pemicu stress.

Sebisa mungkin lakukan hal-hal yang bisa menyenangkan perasaan Bunda seperti memasak, makan di luar, jalan-jalan atau sesekali belanja barang yang Bunda inginkan. Jauhkan diri dari hal-hal yang membuat stress.

Cara dan uraian makanan pelancar ASI terbaik di atas akan membantu Bunda untuk mengoptimalkan produksi ASI. Setiap bunda tentu menginginkan memberi yang terbaik untuk buah hati mereka. ASI eksklusif menjadi salah satu bukti kasih sayang seorang bunda pada bayinya. Maka jangan sia-siakan waktu menyusui yang berharga ini, terus upayakan dan berikan yang terbaik untuk anak Bunda.

Minum MADU ASI UMI

MADU ASI UMI  ini membantu meningkatkan hormon prolaktin dan oksitosin bunda sehingga produksi asi bisa lancarrrr dan cukup untuk baby tercinta. Selain itu, kandungan MADU ASI UMI ampuh menjadikan ASI bunda SEMAKIN BERNUTRISI .
Infolengkap Madu ASI UMI klik disini