Manfaat Dan Kandungan Pada ASI


Manfaat ASI : Inilah Manfaat dan Kandungan yang Terdapat pada ASI Eksklusif yang bisa dirasakan baik itu untuk ibu atau bayi. ASI wajib diberikan oleh Bunda kepada bayi secara eksklusif hingga bayi berusia enam bulan. Sangat dianjurkan bagi Bunda untuk memberikan ASI saja pada saat usia kehamilan tersebut.

Tidak ada asupan lain yang bisa memberikan manfaat sebagus dari ASI. ASI yang diproduksi oleh Bunda memiliki kandungan nutrisi yang tinggi sehingga membantu pertumbuhan dari tumbuh kembang bayi dan berbagai Inilah Manfaat dan Kandungan yang Terdapat pada ASI Eksklusif.

Berikut Manfaat ASI untuk bayi dan Bunda

Memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi bayi

ASI adalah makanan alami yang paling pertama untuk bayi. ASI sangat membantu untuk mencukupi semua kebutuhan energi dan nutrisi yang bayi perlukan. Bahkan dimulai dari bulan-bulan pertama kehidupan hingga bayi berusia 6 bulan.

Oleh karena itulah pemberian susu formula ataupun makanan tambahan sebelum bayi berusia 6 bulan belum diperlukan. Selain itu, Inilah Manfaat dan Kandungan yang Terdapat pada ASI Eksklusif ASI juga sangat mampu untuk mencukupi dari kebutuhan bayi pada saat usia 6-12 bulan serta sepertiga dari balita usia 1-2 tahun.

Mempercepat tumbuh kembang bayi

Inilah Manfaat dan Kandungan yang Terdapat pada ASI Eksklusif juga dapat membantu pertumbuhan sensorik dan kognitif bayi. Ada sebuah penelitian yang dilakukan di Korea yang meneliti 697 bayi pada tahun 2006, membuktikan jika perkembangan kognitif bayi yang diberikan ASI jauh lebih bagus jika dibandingkan yang tidak mendapatkan ASI.

Baca Juga : Faktor Yang Dapat Menjadikan ASI Tidak Lancar dan Kurang Berproduksi

Selain itu, bayi dengan ASI hingga umur 9 bulan perkembangan kognitifnya lebih baik dibanding yang hanya diberikan selama 3 bulan atau 6 bulan. Bahkan pada beberapa penelitian lain juga memberikan bukti jika nilai IQ yang tinggi berhubungan dengan pemberian ASI dari Bunda.

Meningkatkan daya tahan tubuh bayi

ASI memiliki berbagai sistem kekebalan tubuh yang terdapat pada protein-protein seperti lactoferin dan IgA. Protein ini berfungsi untuk melindungi bayi dari infeksi kuman-kuman seperti bakteri, virus maupun parasit.

Inilah Manfaat dan Kandungan yang Terdapat pada ASI Eksklusif eksklusif 6 bulan tanpa pemberian susu formula dapat mengurangi angka kematian bayi.  Kematian ini bisa disebabkan karena penyakit seperti diare atau radang paru-paru dan membantu mempercepat proses penyembuhan.

Memberikan Berat Badan Ideal

Mengontrol berat badan si kecil juga menjadi satu hal penting untuk Bunda lakukan. Inilah Manfaat dan Kandungan yang Terdapat pada ASI Eksklusif dimana sangat membantu untuk menjaga bobot bayi tetap dalam kondisi normal dengan pemberian ASI eksklusif. Kandungan insulin yang sedikit membuat berat badan bayi menjadi lebih terjaga.

Asupan Kolesterol yang Cukup

Untuk orang dewasa memang kolesterol bukanlah hal yang baik jika terlalu banyak. Tetapi jika untuk bayi tentu saja kolesterol menjadi satu nutrisi yang sangat dibutuhkan supaya memiliki tumbuh kembang yang maksimal. Dan zat inilah yang dapat diterima secara cukup pada tubuh bayi dari ASI.

Tulang Bayi Lebih Kuat

Bayi dengan pemberian ASI eksklusif dari Bunda juga akan memiliki tulang yang lebih kuat. Bahkan terdapat perbedaan yang cukup mencolok untuk bayi yang diberi ASI secara teratur selama tiga bulan dan yang tidak.

Bayi dengan asupan ASI tiga bulan akan memiliki tulang leher dan tulang belakang yang jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan bayi tanpa ASI. Hal ini tentu menjadi satu kelebihan tersendiri untuk bayi dengan pemberian ASI yang maksimal.

Lebih cepat pulih dari rasa lelah dan sakit pasca persalinan

Bunda dengan kegiatan menyusui akan jauh lebih cepat pulih setelah persalinan dibandingkan dengan yang tidak menyusui. Hal ini disebabkan karena ketika menyusui di dalam tubuh akan memproduksi hormon oksitosin yang selain membantu pembuatan air susu.

Inilah Manfaat dan Kandungan yang Terdapat pada ASI Eksklusif juga dapat membantu untuk mengembalikan rahim kembali ke ukuran normal. Tak hanya itu saja, oksitosin juga membantu dalam kontraksi rahim, sehingga bisa mengurangi perdarahan yang terjadi pasca persalinan.

Kontrasepsi alami

Menyusui juga membantu untuk menunda periode menstruasi ibu sehingga dapat membantu ibu untuk menunda kehamilan. Hal ini juga dikenal dengan lactational amenorrhea.

Selama menyusui, produksi hormon estrogen akan berkurang, sedangkan ovulasi terjadi ketika kadar estrogen dalam tubuh meningkat sehingga dengan menyusui dapat mencegah terjadinya ovulasi.

Jika Bunda memberikan ASI eksklusif secara penuh hingga 6 bulan dan tidak memberikan makanan tambahan lain. Inilah Manfaat dan Kandungan yang Terdapat pada ASI Eksklusif Lactational amenorrhea akan sangat efektif dalam mencegah kehamilan hingga 98% selama siklus menstruasi ibu belum terjadi kembali.

Praktis dan ekonomis

Ketika bayi Bunda menangis karena lapar baik itu saat pagi, siang bahkan tengah malam akan menjadi lebih mudah jika langsung diberikan ASI.  Daripada Anda harus bangun dari tempat tidur dan membuat susu formula akan lebih baik jika langsung memberikan ASI untuk si kecil.

Inilah Manfaat dan Kandungan yang Terdapat pada ASI Eksklusif ASI juga termasuk dalam manfaat dari segi ekonomi. Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan dan diteruskan pemberian ASI bahkan hingga bayi berusia 2 tahun juga dapat membantu mengurangi biaya untuk pembelian susu formula yang saat ini harganya kian tinggi.

Mendekatkan Jalinan Bayi dan Bunda

Saat menyusui Bunda dan si kecil akan bersentuhan secara langsung. Selain itu dengan posisi menyusui yang benar juga akan membuat Bunda dan si kecil untuk saling bertatap-tatapan yang pastinya akan membuat si kecil menjadi semakin dekat dan mengenal dengan baik akan sosok Bundanya.

Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Pada Bunda yang aktif menyusui juga sering disebutkan jika dapat mengurangi risiko kanker payudara dan juga ovarium. Bahkan ada penelitian yang menyebutkan semakin lama waktu menyusui maka semakin terlindungi bayi dari berbagai kemungkinan kanker baik itu untuk payudara ataupun rahim.

Tubuh Bisa Cepat Langsing

Kegiatan menyusui untuk Bunda juga bisa menjadi satu cara untuk memulihkan tubuh ke bobot sebelum Bunda hamil. Dalam sekali kegiatan menyusui bahkan bisa menghilangkan kalori hingga 500 kalori per hari. Angka yang cukup besar untuk menjadi bentuk lain dalam berolahraga.

Mengurangi Stress

Banyak sekali manfaat yang bisa Bunda dapatkan dari menyusu termasuk salah satunya adalah mengurangi stress. Hormon oksitoksin menjadi satu jenis hormon yang selalu diproduksi pada saat menyusui dimana hal ini akan merangsang tubuh untuk menjadi lebih rileks dan tenang.

Mengurangi Pendarahan

Inilah Manfaat dan Kandungan yang Terdapat pada ASI Eksklusif dimana juga membantu untuk tubuh Bunda supaya mengurangi pendarahan yang terjadi. Hormon oksitoksin yang berproduksi membantu untuk mengurangi pendarahan pada rahim setelah persalinan sehingga hal ini juga yang mempercepat kembalinya rahim ke ukuran semula.