Makanan Penambah ASI – Makanan Pelancar ASI

Makanan Penambah ASI / Makanan Pelancar ASI : Daftar makanan pelancar ASI menjadi satu hal yang sangat penting dan pasti sangat dibutuhkan untuk para ibu menyusui. ASI merupakan sumber makanan bagi bayi untuk bisa mendapatkan kesehatan dan juga tumbuh kembang yang baik.
Oleh karena itulah, mengingat begitu pentingnya peran ASI untuk bayi maka ibu harus bisa mencukupi seluruh asupan gizi untuk ASI. Mengkonsumsi daftar makanan pelancar ASI menjadi satu cara yang paling ampuh supaya ASI menjadi lebih lancar tanpa ada hambatan sedikitpun.

Berikut Berbagai Makanan untuk Pelancar ASI / Penambah ASI

Kacang Almond

Tidak hanya karena rasanya yang gurih dan nikmat saja, melainkan kacang almond juga menjadi satu dari daftar makanan pelancar ASI dengan kadar gizi yang tinggi. Kacang almond memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi dimana kandungan ini berguna untuk meningkatkan kualitas dari ASI menjadi semakin maksimal dan mencukupi kebutuhan anak.

Salmon

Jenis ikan yang satu ini memang sudah menjadi salah satu jenis makanan yang paling bermanfaat bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan Essential Fatty Acid dan juga Omega-3 yang ada di dalamnya. Terutama untuk daftar makanan pelancar ASI dimana bisa membuat ASI menjadi lebih kental dengan meningkatkan hormon laktasi yang ada pada dalam diri ibu menyusui.

Buah Pepaya

Buah pepaya masuk dalam daftar makanan pelancar ASI dan juga mampu untuk memperbanyak ASI. Pepaya dibekali kandungan 33% vitamin dan 50% kalium lebih banyak dari jeruk. Buah pepaya sangat baik dalam memenuhi kebutuhan kalium di saat menyusui. Jika kekurangan kalium dapat menyebabkan depresi padahal ibu menyusui butuh ketenangan untuk membuat kondisi ASI berkualitas dan lancar. Baca Juga 30 Cara Agar ASI Banyak dan Lancar

Wortel

Mengonsumsi segelas wortel setiap hari bisa menjadi satu cara untuk Bunda bisa memperlancar ASI. Jus wortel ini bisa dikonsumsi pada saat sarapan ataupun pada saat makan siang. Selain bagus untuk memperlancar ASI kandungan vitamin A yang tinggi juga membuat kualitas dari ASI menjadi semakin meningkat.

Bayam

Terdapat kandungan enzim pada bayam yang bernama phytoestrogens yang sangat bermanfaat. Pada enzim ini juga terdapat pada sayuran yang berwarna hijau tua selain bayam. Oleh karena itu, bayam menjadi salah daftar makanan pelancar ASI dan untuk memperbanyak ASI.

Semangka

Selain rasanya yang segar dan manis buah semangka juga melengkapi kebutuhan vitamin A yang dibutuhkan oleh para ibu menyusui. Kadar air yang tinggi pada buah yang satu ini juga akan membantu dalam mencukupi cairan tubuh Bunda yang tentunya sangat diperlukan pada ibu yang tengah menyusui. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan vitamin A, Vitamin C, Kalium dan asam folat.

Daun Katuk

Mengonsumsi daun katuk memang sangat membantu untuk meningkatkan produksi dan peningkatan pada ASI. Bahkan, ASI bisa meningkat hingga 50% dengan mengkonsumsi daun katuk secara teratur. Daun katuk bisa diolah menjadi sayur bening supaya Bunda bisa mengkonsumsinya setiap hari.

Kacang Hijau

Daftar makanan pelancar ASI berikutnya adalah kacang hijau yang merupakan makanan yang sangat bagus untuk meningkatkan hormon oksitosin. Hormon ini berguna untuk mengeluarkan ASI supaya lebih lancar dan deras. Seperti halnya pada kacang hijau yang memiliki kadar tiamin atau vitamin B1 yang dapat menambah energi pada ibu yang tengah menyusui.

Jambu Air

Buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin A, C, Kalsium, Fosfor hingga zat besi yang tinggi. Jambu air yang dikonsumsi bisa menambah kadar kalsium yang sangat dibutuhkan pada ibu menyusui. Kalsium ini berguna untuk meningkatkan peran otot dan saraf. Sedangkan vitamin A berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh bayi sehingga bisa terhindar dari berbagai infeksi.

Daun Pepaya

Daun pepaya juga masuk menjadi daftar makanan pelancar ASI. Meskipun rasanya cenderung lebih pahit tetapi daun pepaya ini memiliki kandungan yang bagus untuk memperbanyak dan semakin memperlancar ASI. Daun pepaya bisa dibuat jamu, tumis ataupun disantap dengan sambal terasi.

Daun Kemangi

Daftar makanan pelancar ASI ini memang lebih dikenal sebagai daun lalapan. Tetapi sebenarnya daun ini juga bisa menjadi salah satu jenis sayuran yang membantu untuk semakin memperlancar asi dan meningkatkan kekebalan tubuh untuk Bunda.

Beras Merah

Bunda yang baru saja melahirkan pasti langsung berpikir untuk melakukan penurunan berat badan. Padahal sebenarnya jika berat badan menurun terlalu cepat juga akan menyebabkan produksi ASI menjadi menurun pula. Oleh karena itulah, mengkonsumsi makanan yang tepat seperti beras merah ini menjadi satu cara untuk menjaga kekebalan dan kebugaran tubuh supaya tetap terjaga.

Jeruk

Buah yang satu ini tentu menjadi salah satu jenis buah yang bisa dengan gampang ditemukan baik itu pasar modern atau pasar tradisional. Jeruk memiliki fungsi untuk menjaga kondisi fisik supaya tetap prima sehingga membuat olahan ASI di dalam tubuh tetap terjaga dan lancar.

Ubi Jalar

Pada ubi jalar terdapat kalium yang juga sangat penting untuk kebutuhan Bunda yang tengah menyusui. Kandungan karbohidrat dan vitamin C yang juga bisa menjadi penjaga kekebalan tubuh dan penghasil energi supaya tidak merasa kelelahan saat menyusui buah hati.

Telur

Makanan yang satu ini sudah pasti menjadi satu makanan yang tidak asing lagi. Selain rasanya yang enak dan lezat, telut juga bisa menjadi salah satu makanan yang membantu untuk memenuhi kebutuhan protein setiap hari. Protein yang terdapat pada telur juga sangat bagus untuk pertumbuhan tulang pada bayi.

Kurma Azwa

Makanan yang sering muncul di bulan ramadhan ini juga menjadi salah satu sumber makanan yang bisa memperlancar ASI. Rasa manis dan legit ditambah dengan khasiat luar biasa di dalamnya bisa menjadi satu pilihan terbaik untuk Anda mendapatkan makanan yang nikmat sebagai tambahan untuk memperlancar ASI.

Melon

Melon juga bisa menjadi satu jenis buah yang bagus untuk dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Melon memiliki kandungan nutrisi yang cukup dimana kandungan ini berguna untuk menambah produksi ASI. Melon bisa dikonsumsi secara langsung, diubah menjadi jus ataupun dicampur menjadi es yang nikmat tetapi berkhasiat.

Baca Juga : Faktor Yang Dapat Menjadikan ASI Tidak Lancar dan Kurang Berproduksi

Pisang

Salah satu buah khas Indonesia ini tentu menjadi buah dengan harga terjangkau dan mudah untuk ditemukan. Makanan ini menjadi satu jenis makanan paling alami yang bisa menambah produksi ASI setiap harinya. Berbagai jenis pisang bisa memberikan manfaat ini untuk membuat produksi ASI Bunda menjadi semakin meningkat dan lancar.

Jagung

Tidak hanya menjadi makanan pendamping nasi atau pengganti nasi saja. Jagung dengan olahan secara di rebus atau di buat sup juga menjadi satu jenis makanan yang sangat baik untuk meningkatkan daya pacu ASI supaya produksi lebih banyak dan juga lebih lancar.

Edamame

Makanan ini merupakan makanan sejenis kedelai yang berasal dari Jepang. Edamame memiliki kandungan vitamin C, asam folat, fosfor, magnesium hingga zat besi yang sangat bagus untuk menambah produksi ASI. Hal ini yang membuat makanan ini menjadi salah satu jenis daftar makanan pelancar ASI.