30 Cara Agar ASI Banyak dan Lancar

Cara Memperbanyak ASI : Memberikan Air Susu Ibu pada bayi adalah cara terbaik agar tumbuh kembang bayi bisa lebih optimal. Setiap ibu pasti membutuhkan 30 cara agar ASI banyak dan lancar agar proses menyusui tidak perlu terganggu. Memang ada beberapa ibu yang harus berjuang untuk bisa memberikan ASI kepada bayi mereka. Kondisi ini membuat para ibu tersebut harus berusaha ekstra agar kebutuhan ASI mencukupi.

Manfaat Dan Kandungan Pada ASI : Menjadi pejuang ASI memang memiliki banyak tantangan. Entah bagi Bunda yang bekerja maupun yang menjadi ibu rumah tangga, sama-sama memiliki kesulitan tersendiri ketika hendak menyusui. Maka dari itu dibutuhkan dukungan dari orang terdekat, terutama suami untuk terus memberikan bantuan ketika Bunda sudah merasa kelelahan saat hendak memberikan ASI.


30 cara agar Asi banyak dan lancar sudah banyak didengungkan, baik melalui media massa maupun berbagai penyuluhan. Sebab ASI merupakan nutrisi penting, bukan saja bagi otak bayi, tetapi juga bagi tumbuh kembangnya. Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan, kemudian meningkat menjadi satu tahun hingga dua tahun akan memberikan dampak berbeda bagi bayi, terutama dalam hal imunitasnya.

Bagi Bunda yang kesulitan dalam hal memperbanyak ASI, tidak perlu khawatir. Salah satu hal yang harus ditanamkan dalam diri Bunda adalah percaya diri. Dengan percaya bahwa Bunda pasti dapat memberikan ASI hingga jangka waktu yang Bunda inginkan, pasti ada jalan untuk bisa mencapai semua itu. Beberapa langkah untuk memperbanyak ASI juga dapat Bunda simak berikut ini.

Beberapa Penjelasan Cara Memperbanyak ASI

Tahu Penyebab ASI Berkurang

Ketika ASI susah keluar ada banyak penyebab yang melatarbelakanginya. Salah satunya adalah Faktor Yang Dapat Menjadikan ASI Tidak Lancar dan Kurang Berproduksi diantaranya genetika. Jika Bunda memiliki sejarah keluarga yang juga mengalami kondisi cadangan ASI yang tidak memadai, maka Bunda harus mengonsultasikan keadaan ini pada dokter kepercayaan Bunda. Hal ini agar ada penanganan lebih lanjut, semisal perawatan dan pengobatan.

Bunda yang melahirkan dengan cara operasi caesar juga membutuhkan pemulihan yang seringkali berpengaruh pada kondisi cadangan ASI. Sehingga membutuhkan 30 cara agar ASI banyak dan lancar untuk memulihkan keadaan sehingga kebutuhan ASI si kecil bisa terpenuhi. Dalam masa pemulihan semacam ini, Bunda harus tetap konsisten dan memiliki keinginan besar untuk terus menyusui.

Bayi yang tidak dikendalikan dalam proses inisiasi menyusui dini juga berpeluang besar sebagai penyebab ASI tidak memadai. Sebab mekanisme menyusu bayi menjadi berkurang yang akhirnya juga berimbas pada produksi ASI. Hal ini disebabkan karena ASI memang secara ajaib tersedia untuk memenuhi permintaan dan kebutuhan bayi. Sama seperti hukum permintaan dan penawaran di pasaran. Baca Juga : Pelancar ASI terbaik Bagi Ibu Menyusui

Gaya Hidup Yang Benar

Cara Memperbanyak ASI : Pola hidup Bunda,yang bertentangan dengan 30 cara agar ASI banyak dan lancar, ternyata juga sangat berpengaruh pada produksi ASI. Bunda bekerja umumnya memproduksi ASI lebih sedikit dibandingkan ketika di rumah. Ada banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya adalah tekanan pekerjaan yang membuat hormon Bunda menjadi tidak stabil yang mengakibatkan produksi ASI berkurang.

Tetapi bukan berarti Bunda tidak boleh bekerja. Intinya adalah Bunda harus tetap menerapkan gaya hidup yang benar, seperti makan yang teratur, istirahat yang cukup serta mengkonsumsi air putih yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Hindarilah bergadang serta meminum minuman beralkohol, berkafein maupun bersoda. Hindari juga merokok karena kandungan nikotinnya tidak baik untuk tubuh.

Makan Makanan Bergizi

Makanan Penambah ASI – Makanan Pelancar ASI : Makanan adalah satu perkara yang selalu didengungkan di dalam 30 cara agar ASI banyak dan lancar. Semua dari kita pasti sudah mengetahui manfaat makanan bagi tubuh, terlebih bagi ibu menyusui. Tidak semua makanan baik untuk tubuh, beberapa malah membuat dehidrasi dan membuat produksi ASI berkurang, contohnya adalah junk food.

Untuk Bunda yang sedang menyusui, harus rajin mengkonsumsi makanan bergizi, salah satunya adalah daun katuk. Daun ini terbukti menjadi asi-booster. Bunda dapat mengolahnya menjadi sup atau jus. Makanan lain seperti kacang-kacangan, ikan salmon, beras merah dan masih banyak lagi bahan makanan lainnya, dapat membantu produksi ASI Bunda menjadi berlimpah.

Pijat Payudara

Salah satu dari 30 cara agar ASI banyak dan lancar yang sering disarankan adalah dengan pijat payudara. Cara ini alami dan mudah dilakukan. Bunda dapat meluangkan waktu lima hingga sepuluh menit saat mandi untuk melakukan pijatan lembut ini. Langkah pertama adalah dengan meletakkan handuk hangat ke atas payudara selama dua menit. Tujuannya adalah agar pori-pori lebih terbuka.

Kemudian lakukan pijatan dari atas ke bawah dengan gerakan melingkar melawan arah jarum jam. Pijatan lembut ini akan membuat peredaran darah menjadi lebih lancar. Selain itu Bunda dapat merasa lebih rileks, terlebih lagi jika yang melakukan pijatan ini adalah suami. Teknik ini sangat ampuh untuk memperbanyak produksi ASI.

Rutin Memberikan ASI

Jangan menunda waktu untuk memberikan ASI. Semakin sering Bunda menunda, maka ASI akan semakin sulit keluar. Jika Bunda adalah ibu yang bekerja, Bunda dapat memompa ASI ketika sedang ada di tempat kerja. Memang butuh lebih dari sekadar niat untuk hal semacam ini. Sebab seringkali karena pekerjaan yang menumpuk membuat Bunda menjadi kelelahan.

Memang, menerapkan 30 cara agar ASI banyak dan lancar membutuhkan keinginan yang kuat. Terkadang ketika puting payudara lecet, Bunda harus berjuang untuk memberikan ASI. Pasti rasanya sakit dan ada banyak yang akhirnya menyerah. Tetapi ketika perasaan capek tersebut menyergap, cobalah melihat buah hati Bunda untuk mengembalikan semangat menyusui tersebut.

Rajin Memompa ASI

Menggunakan mesin pompa dapat membuat kelenjar ASI bekerja lebih optimal. Bukan berarti penggunaan pompa manual tidak disarankan, tetapi memang mesin pompa bisa lebih banyak menyedot ASI dari payudara dan tentunya lebih hemat waktu serta tenaga. Semakin sering memompa, ASI akan menjadi lebih banyak. Cara ini juga adalah treatment mengembalikan produksi ASI yang berkurang.

Bunda jangan khawatir dengan kualitas ASI perah yang Bunda hasilkan dari cara memompa. Asalkan Bunda mengemas dan menyimpannya dengan benar, maka ASI perah akan sama kualitasnya dengan ketika disusukan langsung dari payudara.

Jangan Gunakan Dot

Mungkin pertanyaan Bunda timbul ketika sudah memiliki banyak ASI perah, lantas apa yang harus digunakan ketika akan memberikannya pada bayi jika tidak boleh menggunakan dot? Larangan dalam 30 cara agar Asi banyak dan lancar memang adalah tentang penggunaan dot. Ketika bayi diberikan dot, kebanyakan dari mereka akan menjadi bingung puting dan enggan menyusu pada payudara Bunda.

Cara terbaik untuk memberikan ASI perah adalah dengan menggunakan sendok dan meminumkannya sedikit demi sedikit. Atau menggunakan gelas yang menyerupai dot tetapi dengan ujung yang tidak kenyal. Bunda juga tidak boleh lupa menyusukan ASI lewat kedua payudara secara seimbang dan menghindarkan pemakaian susu formula.

Bagi Bunda yang dianugerahi bayi, maka proses menyusui adalah proses yang mengasyikkan serta menantang sekaligus. Dengan menyusui maka ikatan batin antara Bunda dan buah hati akan lebih terjalin. Dengan menerapkan 30 cara agar ASI banyak dan lancar maka Bunda tidak perlu bingung lagi ketika menghadapi produksi ASI yang menurun.